Oasis Al-Ahsa Arab Saudi Terdaftar di Rekor Dunia

Oasis Al-Ahsa Arab Saudi Terdaftar di Rekor Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, AL-AHSA — Oasis Al-Ahsa yang terletak  di Provinsi Timur Arab Saudi, memasuki daftar Rekor Dunia, Guinness. Oasis ini dicatat sebagai oasis serba lengkap terbesar di dunia.

Menurut situs web “Guinness”, oasis itu mencakup lebih dari 2,5 juta pohon palem yang memakan akuifer besar melalui 280 mata air artesis. Oasis ini membentang di area seluas lebih dari 85,4 kilometer persegi atau 32,9 mil persegi.
 
Dilansir di Arab News, Jumat (9/10), The Heritage Commission melakukan tugas untuk memperkenalkan Ensiklopedia Dunia ke Al-Ahsa Oasis. Lokasi ini merupakan salah satu situs Arab Saudi yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia “UNESCO”.

Tak hanya Oasis Al-Ahsa, situs lainnya yang terdaftar adalah Al-Hijr di Al-Ula, lingkungan Al-Turaif di Ad Diriyah yang bersejarah, Jeddah yang bersejarah, situs seni cadas di Jubbah, dan Shuaimis di Hail.

Al-Ahsa tidak hanya menyajikan warisan lingkungan yang kaya tetapi juga menggambarkan sejarah dan peradaban. Oase ini merupakan jembatan komunikasi strategis dengan dunia.

Di sekitar lingkungannya, terdapat banyak situs warisan nasional dan pemukiman manusia tertua sejak ribuan tahun yang lalu. Oasis kurma adalah oasis palem yang dikelilingi pasir terbesar di dunia.

“Guinness World Records” sebelumnya mendaftarkan gedung konser Maraya di Al-Ula sebagai gedung terbesar yang ditutupi dengan cermin di dunia.  Arab Saudi telah menempati posisi kedua di dunia Arab dalam jumlah Rekor Dunia Guinness.

Share this post


Open chat
Scan the code
Halo, Assalamualaikum, Terima kasih sudah menghubungi Badan Pengelola Keuangan Haji. Silahkan klik Open Chat atau Scan QR Code