Erdogan Kembali Ubah Geraja Ortodoks Menjadi Masjid

Erdogan Kembali Ubah Geraja Ortodoks Menjadi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID,Sama halnya dengan nasib Hagia Sophia, kini ada sebuah museum di Istanbul yang dahulu merupakan gereja Kristen Ortodoks kuno, dikembalikan fungsinya menjadi masjid kembali oleh Presiden Turki Recep Tayyip erogan. Perubahan ke museum ini atas kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat kemarin.

Keputusan untuk mengubah Museum Kariye menjadi masjid datang hanya sebulan setelah konversi kontroversial serupa untuk Hagia Sophia yang diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO. Jadi sama dengan Hagia Sophia, perubahan fungsi Museum Kariye juga menjadi sorotan dan kontroversi.

Dan memang, sejarah bangunan berusia 1.000 tahun itu sangat mirip dengan Hagia Sophia. Bahkan museum Kaiye banyak yang menyebut sebagai bangunan ‘tetangga’ Hagia Sophia  yang lebih besar dan juga berada tak jauh dai wilayah Chora yakni di tepi barat bersejarah Tanduk Emas di sisi Eropa Istanbul.

Seperti dilansir Al Arabiya, sama uniknya dengan Hagia Sophia, di gedung Museum Kariyea yang kini menjadi masjid itu adalah juga lukisan Yesus Kristus sebagai relief peninggalan gereja Bizantium. Di dindingnya adalah bertema “Hari Penghakiman Terakhir’  dari abad ke-14 yang begitu ikonik atau berharga di dunia Kristen.

Kariye Museum Entrance Fee and Hours 2020 - Istanbul Clues

Berubahnya bangunan gereja Ksiten Ortodoks kuno ini awalnya  sama juga nasibnya hampis dengan Hagia Sophia.Bedanya cuma, Hagia Sophia diubah menjadi masjid pada hari penaklukan Turki oleh Sultan Mehmed II, bangunan gereja ini diubah menjadi Masjid Kariye baru setengah abad setelah penaklukan Konstantinopel 1453 oleh Turki Ottoman itu.

Bahkan, senasib juga dengan Hagia Sophia, masjid ini kemudian dijadikan sebagai ‘Museum Kariye’ pada masa setelah Perang Dunia II saat Turki mendorong terciptanya republik baru yang lebih sekuler dari puing Kesultanan Ottoman. Tak berapa lama setelah itu sekelompok sejarawan seni Amerika kemudian membantu memulihkan mozaik gereja asli dan membukanya untuk umum pada 1958 karena dijadikan museum.

Semua tahu Presiden Erdogan dalam beberapa tahun terakhir memang lebih menekankan pada soal pertempuran yang mengakibatkan kekalahan Bizantium oleh Ottoman. Pengadilan administrasi tertinggi Turki juga menyetujui konversi museum menjadi masjid pada November tahun lalu.

  • Keterangan foto: Petugas polisi Turki berjaga di atas museum Kariye (Chora).

Seorang reporter AFP yang mengunjungi situs itu tak lama setelah keputusan Erdogan diterbitkan semat mengatakan museum Kariye sampai kini masih tetap terbuka untuk pengunjung . Ini berbeda atau tidak seperti Hagia Sophia yang segera ditutup untuk begitu diganti statusnya menjadi masjid kembali.

Kariye Museum | museum, Istanbul, Turkey | Britannica

Share this post


Open chat
Scan the code
Halo, Assalamualaikum, Terima kasih sudah menghubungi Badan Pengelola Keuangan Haji. Silahkan klik Open Chat atau Scan QR Code