Tingkatkan Imunitas, BPKH Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

Tingkatkan Imunitas, BPKH Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

Dalam bentuk ikhtiar dalam melawan pandemi Covid-19, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyelenggarakan program vaksinasi dosis lanjutan (booster) kepada 157 Insan BPKH dan keluarga untuk wilayah DKI Jakarta dalam rangka mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 pada hari Kamis (3/2/2022) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bapak dr. Yudhi Pramono, MARS selaku Plt. Sesditjen P2P Kementerian Kesehatan, yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Tanjung Priok, Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik (P2PTVZ) serta jajaran Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH.

Kepala Badan Pelaksana Anggito Abimanyu mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi bagi pegawai dan keluarga pegawai hari ini merupakan gerakan untuk menciptakan kesehatan di tengah masyarakat terutama dari risiko penularan virus Covid-19. “Tentunya ini adalah bentuk ikhtiar dengan harapan kita dapat meningkatkan imunitas dalam melawan virus Covid-19 selain itu kita tetap harus selalu menjaga protokol kesehatan dan jangan sampai lengah,” pesannya.

Vaksinasi booster yang dilaksanakan BPKH pada kamis (3/2) oleh Kementerian Kesehatan, merupakan bagian dari program vaksinasi kementerian/lembaga Indonesia. Vaksinasi hari ini dilaksanakan menggunakan vaksin jenis Pfizer yang di-supply oleh KKP Kelas I Tanjung Priok. Vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan tujuan untuk membentuk herd immunity dan upaya mengembalikan imunitas sejak 6 (enam) bulan pasca vaksinasi kedua terutama ditengah kemunculan varian mutasi virus SARS-COV-2 terbaru, termasuk varian Omicron.

Bapak Ajar Susanto Broto selaku Anggota Badan Pelaksana Bidang SDM, Pengadaan dan Umum, Perencanaan dan Pengkajian menyampaikan bahwa dalam melawan pandemi Covid-19 dibutuhkan sinergi yang kuat di tengah masyarakat, dan dalam hal ini BPKH, Kementerian Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok bersinergi menjalin kerja sama sehingga program ini dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

“Dalam upaya pencegahan Covid-19, BPKH sudah melakukan intensifikasi testing dan tracing pegawai BPKH maupun keluarga yang positif Covid-19, dimana rekapitulasi pegawai positif tersebut dilaporkan setiap hari Selasa pada Rapat Badan Pelaksana, untuk menunjang keberhasilan pencegahan Covid-19 tersebut tentu perlu adanya treatment yaitu pemberian vaksin sesuai anjuran pemerintah,” ungkap Bapak Ajar dalam sambutannya.

Vaksinasi booster merupakan rangkaian lanjutan dari vaksinasi Covid-19 tahap I yang dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2021 dan tahap II pada tanggal 6 April 2021. Vaksinasi tahap I dan tahap II sebelumnya juga dilaksanakan di Hotel Bidakara secara massal kemudian dilanjutkan secara bertahap, berlokasi di Rumah Sakit Brawijaya Saharjo, Jakarta.

Vaksinasi lanjutan hari ini melibatkan 12 orang gabungan dari Kemenkes dan KKP Tanjung Priok, yang terdiri atas 1 orang koordinator, 2 petugas p-care, 2 orang dokter, 4 orang vaksinolog, 2 orang observasi, dan 1 driver ambulance.

Segenap pimpinan BPKH berharap bahwa kegiatan ini menjadi titik awal yang baik, untuk bergerak menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19, serta menjadi komitmen utama BPKH untuk menjadikan lembaga ini sebagai lembaga pengelola keuangan haji terpercaya yang memberikan nilai manfaat optimal bagi jemaah haji dan kemaslahatan umat. (Humas BPKH)

Share this post


Open chat
Scan the code
Halo, Assalamualaikum, Terima kasih sudah menghubungi Badan Pengelola Keuangan Haji. Silahkan klik Open Chat atau Scan QR Code